Follow by Email

Minggu, 18 Desember 2011

Direktorat Pendidikan Tinggi Islam

Prof. (NAME)    .MA
Dirjen. Pendidikan Tinggi Islam

Pimpinan PTAIS merupakan pengelola perguruan tinggi dibawah binaan kemenag (aset umat Islam) dan dipercaya kemenag atas dasar UU PT, April 2012

Jenjang PT:
STAI-Institute-Universitas

Data pada kemenag, jumlah: 584 swasta dan 52 Negeri.

Jumlah Prodi: 1199 Negeri dan 886 swasta

Angka partisipan untukDeveloptment Country; 40% PT;60% tamatan sekolah kejuruan-madrasah aliyah.
Negara maju >60% penduduknya lulus PT.

Penerimaan Mahasiswa baru:

1. Faktor yang sangat mempengaruhi adalah informasi kampus dari senior (iklan yang paling efektif yang disuarakan konsumen) karena pelayanan terhadap mahasiswa dengan sangat baik,contoh: UIN Riau memiliki jumlah mahasiswa > 20.000 orang.- DKI 17.000 - jumlah mahasiswa Yogyakarta.

2. Menu harus sesuai dengan prodi yang ditawarkan,cth;PAI, EkSy,KPI (prodi yang langka peminatnya karena menu yang ditawar tidak sesuai dengan yang diharapkan konsumen.

3. Pengajar sebagai pelaku utama harus mempunyai sikap yang teritegritas (loyalitas untuk mengajar),janji utk mengajar 14 sks, maka full untuk mengajar 14 sks.

4. Lembaga memiliki Hot Spot (Banwidth 1-2Mg), Beri IP address static.

Pelayanan akademik:

1. Pelayanan IT, dosen memasukkan bahan ajar, SAP kemudian di Up-load ke website (agar bisa diakses mahasiswa).

2. Peraturan pelayanan KHS; Hasil Ujian dapat diberikan maksimal 11 hr sesudah ujian.Apabila dosen melanggar batas waktu penyeraha nilai ujian maka seluruh mahasiswa akan diberikan nilai C (maka dosen akan dicomplain mahasiswa).

3. Proses pembelajaran harus transparatif learning beralih pada kooperatif learning(pelatihannya akan dibahas kemudian).Menurut Teori Jean Peirre: "semakin banyak pengetahuan yang dimiliki maka semakin banyak dia berubah afeksinya (batasi dosen berbicara, perbanyak mahasisw berbicara).

4. Anggap mahasiswa adalah klient, pelayanan dari kita untuk melayani mereka.

5. Dosen bersertifikat pendidikan

6. Dosen terlebih dahulu menyiapkan modul bahan ajarnya (peringkat A, 90-95% dosen punya modul/diktat). Dosen menggunakan ilmu yang dia tulis sendiri, maka mahasiswa akan mudah memahami.

7. Lakukan Up-date ilmu terus menerus melalui pembuatan penelitian dan pengabdian pada masyarakat).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar